TRY OUT SBMPTN HIMABO UM

 TRY OUT SBMPTN HIMABO UM Se-Bojonegoro.
Pic.Panitia TO SBMPTN HIMABO UM
Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (HIMABO UM) telah berhasil mengadakan salah satu program kerjanya yang berasal dari divisi Penalaran yaitu TRY OUT SBMPTN HIMABO UM Se-Bojonegoro. TO SBMPTN yang bertema Get Your Best Future With Concrete Experience ini di selenggarakan pada 19 Februari lalu bertempat di MAN 1 Bojonegoro. TO SBMPTN ini merupakan program kerja tahunan dari HIMABO UM dengan tujuan untuk dapat memberikan pelatihan kesiapan ujian SBMPTN bagi pelajar SMA/sederajat, dapat menumbuhkan motivasi bagi pelajar SMA/sederajat untuk terus belajar dan pantang menyerah, serta sebagai wujud kepedulian HIMABO UM dalam membentuk pribadi anak bangsa khususnya di Bojonegoro yang siap  masuk Perguruan Tinggi.
 Pic. Proses regristrasi ulang peserta
Pendaftaran TO SBMPTN ini dimulai dari bulan Januari berbarengan dengan program kerja Briefing Kampus HIMABO. “Alhamdulillah jumlah peserta yang ditargetkan sekitar 200 siswa terlampaui. Jumlah total dari pendaftar TO SBMPTN ini adalah 352 siswa.” tutur ketua pelaksana, Agung Tri Laksono. Jumlah peserta yang cukup membeludak ini disebabkan oleh masa publikasi yang cukup, serta bantuan dari para media patner, @siswa_bojonegoro, @mahasiswa_bojonegoro, Radio Malowopati maupun publikasi dari panitia serta seluruh anggota HIMABO UM, sehingga siswa yang mendaftar beragam baik di daerah kota Bojonegoro hingga desa-desa pelosok di Bojonegoro namun ada juga yang berasal dari luar Bojonegoro yakni Tuban dan Lamongan. Rata-rata siswa yang mendaftar kelas XII akan tetapi ada pula kelas X dan XI. HIMABO sangat mengapresiasi mereka yang mempunyai semangat belajar yang luar biasa.
 Pic. Pemberian vandel pada pihak SSC
Pada TO SBMPTN ini, HIMABO UM berkesempatan menggandeng lembaga Bimbel SSC untuk bekerja sama dalam pembuatan naskah soal TO SBMPTN. Soal TO ini dibuat mirip dengan soal asli SBMPTN untuk dapat benar-benar menguji kesiapan dari siswa itu sendiri, hal ini dikatakan oleh Mas Adib selaku PJ kerja sama SSC dengan HIMABO UM. Peserta dapat memilih paket IPA (Saintek), IPS (Soshum), dan IPC (Saintek Soshum).
 Pic. Peserta mengerjakan soal TO SBMPTN
Peserta diwajibkan hadir pada pukul 07.00 WIB untuk Registrasi dan dimulai pengerjaan pukul 08.00 WIB. Sedangkan, waktu untuk pengerjaan soal IPA dan IPS adalah 105 menit dan untuk IPC 120 menit.  Pada TO SBMPTN kali ini terdapat lomba photo selfie, pemenangnya diumumkan di akhir acara, pemenang dari lomba ini adalah @serly_fitria dan @debbyherlambang. Mereka mendapatkan doorprize yang disponsori oleh Rabbani.
 Pic. Peserta berada di Aula MAN 1 Bojonegoro
Sembari menunggu hasil pengumuman TO, seluruh peserta dikumpulkan di Aula MAN 1 Bojonegoro. Peserta diajak ice breaking oleh panitia, kemudian ada motivasi dari mas Adib (pihak SSC) dilanjutkan dengan berbagai penampilan seru, seperti dance bahkan flashmop bareng panitia dan peserta, ada juga duet akustik panitia dengan peserta. Acara ini dipandu oleh MC yang keren yaitu Kang Irkhamin dan Yu Uswatun Khsanah.
 Pic. MC TO SBMPTN
 Pic. Perwakilan Peserta untuk Ice Breaking
 Pic. Pemberian motivasi oleh mas Adib

 Pic. Dance oleh Panitia
Pic. Penampilan akustik panita dengan peserta
Di akhir acara ada sosialisasi tentang UM dan pengumuman, pemenang juara 1-3 paket IPA dan IPS, terdapat beberapa kesalahan teknis yang tidak sengaja sehingga untuk pengumuman IPC dilakukan secara online. Beberapa peringkat atas disetiap paketnya mendapatkan voucher dari Rabbani.
Berakhirlah Try Out SBMPTN HIMABO UM 2017, kesalahan-kesalahan yang terdapat pada TO kali ini murni bukan kesengajaan dari panitia maupun pihak yang lain. Kami HIMABO UM sangat meminta maaf, karena tak ada gading yang tak retak. Semoga tahun depan akan menjadi lebih baik lagi, ingatlah bahwa “Juara adalah pecundang yang bangkit dan mencoba sekali lagi – Dennis DeYoung”. Semangat Berjuang!!!
HIMABO MATOH !!!

(Red- Asiyah Zulfa Mukhtari)

Komentar