HIMABO DUE GAWE BAKSOS

HIMABO DUE GAWE BAKSOS
Manunggaling Kito Kagem Makmure Bojonegoro

            HIMABO UM (Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang) mengadakan kegiatan bakti sosial di Dusun Mundu, Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kegiatan tersebut di laksanakan pada tanggal 2 sampai 5 Juni 2017, yang bertema “Manunggaling Kito Kagem Makmure Bojonegoro”. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya.
            Warga dusun mundu mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini “saya selaku kepala desa sangat senang dan bangga karena kedatangan HIMABO UM, kegiatan yang sangat bermanfaat untuk warga maupun anak-anak di sini” kata kepala desa nglampin, Pak Rospan, jum’at (02/06/2017)
            Mengapa HIMABO UM mengadakan baksos di dusun mundu? Ketupel baksos, muhammad Fauzan adzima menjelaskan, alasan dipilihnya dusun mundu sebagai sasaran kegiatan baksos karena di dusun tersebut merupakan salah satu dusun yang tertinggal dan terpencil di ngambon. “saat ini masih minim anak yang melanjutkan sekolah, rata-rata anak di desa tersebut hanya lulusan SD dan SMP saja, listrik satu dusun pun hanya ada sekitar empat meter, Sekolah Dasar di sana hanya terdapat 31 siswa dimana per kelasnya hanya sekitar enam murid, kemudian untuk mendapatkan air di sana cukup susah harus menimba terlebih dahulu supaya mendapatkan air bersih, ada pengaliran air tetapi hanya di beberapa rumah saja”. Kata ketupel baksos himabo
            Keramahan warga dusun mundu membuat seluruh mahasiswa universitas negeri Malang semakin merasa membaur. Kegiatan ini di mulai penerimaan dan pembukaan kegiatan bakti sosial di acara sarasehan, kemudian esok harinya dilaksanakan kegiatan HIMABO mengajar, antara lain mengajar anak-anak SD yang berada di desa tersebut, mengadakan lomba mewarnai untuk anak TK dan HIMABO UM juga akan bermain bersama anak-anak play group. Tidak hanya itu saja tetapi himabo juga tadarus bareng dengan masyarakat/warga setempat, ngaji bersama HIMABO UM, tilawah HIMABO UM. Setelah itu juga di lanjut dengan kegiatan Pemeriksaan kesehatan dan sosialisasi, bazar pakaian layak pakai, dan pembagian sembako secara gratis kepada warga masyarakat kurang mampu.  Acara penutup dan hari terakhir baksos, himabo UM membagikan es krim kepada warga setempat.
            Bakti sosial atau dikenal dengan BAKSOS ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia. Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat mereketkan rasa kekerabatan kita terhadap orang lain. Kegiatan yang di adakan HIMABO UM ini dilakukan untuk memberikan manfaat dan tujuan-tujuan tertentu. Tujuannya yaitu mengabdi kepada masyarakat bojonegoro, membantu mewujudkan pemerataan pendidikan, melestarikan lingkungan di Daerah Bojonegoro, peduli akan kesehatan masyarakat Bojonegoro, mempererat hubungan antara sesama manusia, memberikan motivasi tentang pentingnya kesadaran dan meningkatkan wawasan, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai sarana aktualisasi diri untuk membantu sesama.
            Sedangkan manfaat bakti sosial tersebut ialah masyarakat mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan, mahasiswa dapat mengaplikasikan secara langsung ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat, untuk sarana pendidikan dan pelatihan non formal bagi mahasiswa dengan terjun langsung ke lapangan, dapat membantu mewujudkan pemerataan pendidikan, mewujudkan masyarakat Bojonegoro yang sehat, dapat membantu meringankan beban masyarakat Bojonegoro. Kegiatan yang dilaksanakan HIMABO tersebut juga mendapat dukungan dari AICE, dimana perwakilan dari AICE terjun langsung ke lokasi baksos,  dan ikut berpartisipasi disana.


Komentar