Jalin Silaturrahmi dengan Berbagi di Bulan yang Suci

RAMADHAN BERKAH HIMABO
“Jalin Silaturrahmi dengan Berbagi di Bulan yang Suci”


Gambar 1. Bagi-bagi Takjil di Panti Asuhan Muhammadiyah Bojonegoro
            Bagi-bagi takjil dan buka bersama merupakan kegiatan bulan ramadhan yang sudah tidak asing lagi bukan. kegiatan tersebut bahkan telah menjadi agenda wajib yang dilaksanakan oleh hampir semua organisasi. Tidak berbeda dengan organisasi lainnya Himpunan Mahasiswa Bojonegoro (HIMABO) sebagai organisasi daerah juga menjadikan bagi-bagi takjil dan buka bersama sebagai program kerja tahunan yang dilaksanakan di kota asalnya yaitu Kabupaten Bojonegoro. Bagi-bagi takjil dan buka bersama dilaksanakan pada tanggal yang sama yaitu 20 Juni 2017.  
            Bagi-bagi takjil untuk tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini bagi-bagi takjil bukan lagi berlokasi di sepanjang jalan raya, namun di dua Panti Asuhan yaitu Panti Asuhan Muhammadiyah dan Panti Asuhan Sukorejo. Sementara itu, Buka Bersama berlokasi di kediaman Waketum Himabo Desa Sukorejo, Jln.Brigjen Sutoyo No.79. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mempererat tali silaturrahmi baik dengan internal organisasi maupun eksternal melalui berbagi kepada sesama. Selain itu buka bersama juga ditujukan untuk mengenal lebih dalam keluarga baru Himabo yaitu Mahasiswa Baru UM tahun 2017 yang berasal dari Bojonegoro.
            Tema yang diambil pada bagi-bagi takjil dan buka bersama tahun ini adalah “Jalin Silaturrahmi dengan Berbagi di Bulan yang Suci”.  Dari kata yang tersebut sudah dapat dipahami makna dari tema tahun ini, sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan tersebut. Sebagai ketua pelaksana, Niswa berharap diadakannya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak tidak hanya bagi seluruh anggota Himabo dan juga menjadikan ramadhan tahun ini lebih berkah.
            Kegiatan yang dilaksanakan pada saat yang bersamaan menjadikan panitia bagi-bagi takjil dan buka bersama dibagi menjadi dua. Jadi, sebagian anggota Himabo akan bertanggungjawab pada buka bersama sementara sebagian lainnya bertanggungjawab pada bagi-bagi takjil.  Meskipun cukup menguras tenaga apalagi dilaksanakan di bulan puasa. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat seluruh anggota Himabo untuk melaksanakan kegiatan ini secara maksimal.
            Kegiatan bagi-bagi takjil dimulai pukul 16.00 WIB, sedangkan Buka bersama dimulai pukul 16.30 dengan serangkaian acara. Dimulainya acara pada sore hari bukan berarti panitia berangkat pada sore hari juga loh. Sebagian anggota Himabo terutama sie konsumsi berangkat pukul 10.00 WIB untuk mempersiapkan hidangan buka bersama dan takjil yang akan dibagikan ke Panti Asuhan. Sebagian lainnya berangkat Pukul 15.00 WIB untuk mempersiapkan cara dan melakukan penjemputan Mahasiswa Baru di Alun-alun Bojonegoro.
            Pukul 16.00 beberapa anggota Himabo bersiap untuk membagikan takjil ke Panti Asuhan Muhammadiyah dan Panti Asuhan Sukorejo. Sementara Sie Humas bersiap untuk melakukan penjemputan Maba di Alun-alun Bojonegoro. Penjemputan dilakukan untuk mengantisipasi Mahasiswa Baru yang belum mengetahui tempat acara. Tepat pada Pukul 16.45 acara buka bersama dimulai dengan serangkaian diantaranya Sambutan, perkenalan Mahasiswa Baru, dan pembahasan seputar Universitas Negeri Malang. Acara buka bersama ini dihadiri oleh anggota Himabo, Maba UM dari Bojonegoro, dan Senior Himabo atau alumnus Universitas Negeri Malang.
            Adzan maghrib berkumandang pukul 17.30. seluruh peserta buka bersama membatalkan puasa dengan takjil yang telah disediakan kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjama’ah di Mushola dekat lokasi buka bersama. Setelah selesai sholat seluruh peserta kembali ke Lokasi untuk menikmati menu buka puasa yang telah disediakan. Tidak berhenti sampai disini saja, acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Himabo melulai pemutaran video dan dilanjutkan dengan ngobrol santai untuk saling mengenal antara anggota Himabo dan Pengurus ataupun berbagi informasi seputar kampus UM. Serangkaian acara buka bersama telah selesai dan acara ditutup dengan foto bersama. Meskipun acara ini sederaha akan tetapi terasa indah karena kebersamaan yang terjalin.
Gambar 2. Sambutan oleh Ketum Himabo

Gambar 3. Potret keseruan panita Buber dan BBT

Gambar 4. HIMABO UM angkatan 2012

Komentar