PELATIHAN PUBLIC SPEAKING

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING

“LET’S SPEAK UP, GUYS!”


Yap, kembali lagi bersama kami blog ormada terkeceh yang tak lain tak bukan adalah HIMABO UM *jeng jeng jeng*. Hahaha. Intro sedikit boleh kan readers? Pasti boleh, kuy intro. Perkenalan dulu kali ya, kan tak kenal kuy ta’arufan, beh gayanya,
*ehem-ehem*
Selamat Pagi, Selamat berakhir pekan. Kembali lagi bersama saya admin terkece di blog ini. Pagi ini saya akan memberitakan acara terbaru dari divisi Penalaran HIMABO UM. Berikut beritanya…
Eits. Kok malah jadi presenter berita duh. Hmm.. Berhubung baru aja nyinggung perihal presenter, dari readers ada tidak yang minat atau pengen sekali bisa jadi Prensenter, MC, Host, Pembawa acara (?) *sama aja kali min. plis. Serius*
Iya iya serius, ada tidak yang berminat jadi MC, penceramah, tukang debat, pemandu orasi, pemateri diskusi, penyiar radio, presenter tv? Pasti salah satu atau salah beberapa dari kalian menginginkan bahkan mendambakan hal tersebut kan? Ya, admin pun juga sama, admin suka sekali dengan hal-hal seperti berbicara depan umum atau yang biasanya juga sering disebut Public Speaking

Apa sih sebenarnya Public Speaking itu?
Menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi, Public Speaking  adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan mengenai suatu hal atau topik di hadapan banyak orang dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi kepada masyarakat di tempat tertentu.
Pasti setiap orang pernah melakukan hal tersebut, bahkan kita bisa jadi sering melakukannya secara sadar atau tidak sadar loh. Baik itu dalam presentasi di kelas, mengutarakan pendapat dalam suatu forum, dll. Namun, tak banyak juga yang dapat dengan mudah melakukan hal-hal tersebut. Terkadang ada juga yang merasa kurang rasa percaya diri, takut, atau tidak dapat menyampaikan pikirannya secara mudah dan gamblang. Wah, sayang sekali. Sudah menjadi rahasia umum bukan? Bahwa Public Speaking merupakan skill terpenting dalam mengejar kesuksesan karir. So, tunggu apalagi kita harus segera atasi masalah dan berlatihlah agar dapat jadi pembicara yang baik.

Nah, pas banget nih.

Pada hari Sabtu lalu divisi Penalaran telah mengadakan agenda “Pelatihan Public Speaking”  (15/4/17). Pelatihan ini di khususkan pada pelatihan menjadi MC dan penyiar radio. Sesuai dengan tujuan awal divisi Penalaran yaitu meningkatkan keprofesionalitasan anggota HIMABO UM, jadi pelatihan ini di khususkan untuk anggota HIMABO UM agar dapat mengatasi masalah-masalah yang biasanya sering ditemui saat berbicara didepan umum sehingga diharapkan dapat menjadi pembicara yang baik.

“Kami (divisi penalaran) sepakat untuk menunjuk Mbak Laila sebagai pemateri, karena dia salah satu anggota ukm IPRI (Ikatan Pecinta Retorika Indonesia) dan tentu pengalamannya sudah banyak.” jelas ketua pelaksana, Betty Wulandari. Dalam pelatihan Public Speaking ini terdapat role play. Pertama, peserta diberikan materi oleh Mbak Laila, materi yang diberikan cukup lengkap dari tata cara nge-MC menjadi Penyiar radio, menghindari kegugupan di depan umum, tips dan trik enjadi pembicara yang baik. Ada juga di akhir materi tanya jawab dengan peserta. 






Kedua, perserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk praktek MC formal/semi formal, disetiap kelompok ada 1 juri yang menilai setiap penampilan. Juri yang ditunjuk adalah pemateri dan DPO HIMABO.




Kemudian dilanjutkan dengan praktek kepenyiaran, peserta ditunjuk secara acak berpasang-pasangan. Ada yang bertindak sebagai penyiar radio dan ada yang bertindak sebgai narasumber. Di babak ini penilaian dipegang penuh oleh pemateri.


Setelah babak kedua berakhir, diberi waktu istirahat terlebih dahulu sembari menunggu keputusan siapa 2 peserta yang akan bertanding dalam final untuk memperebutkan hadiah “Voucher Free Kas 1 Kepengurusan”. Waaaaahhh..
Setelah hasil dibacakan ada 2 peserta yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu Mas Agung Tri Laksono dan Mbak Alfin Nadhiroh. Mereka berdua kembali harus mempraktekan MC semi formal.

Penampilan dari 2 peserta ini sangat memukau, sehingga juri cukup kesulitan dalam menentukan pemenangnya. Untuk merilekskan ketegangan, semua peserta, juri dan pemateri melakukan ice breaking yang dipandu oleh Mas Firman. Setelah puas ketawa-ketiwi, barulah dibacakan pemenangnya.

Dan
Pemenangnya adalaaaaaahhh….
..
M..
..
Mas Agung Tri Laksono, selalamaat telah mendapatkan Voucher Free Kas 1 Kepengurusan, wah enak terhindar dari pemalakan Bendahara Umum wkwk.

Berakhirlah sudah pelatihan Public Speaking ini, semoga tahun depan ada lagi ya dan pastinya dengan tambah banyak hadiahnya. Hoho. Biar sekali-sekali admin yang mampang fotonya diblog ini, hehe.
So, jangan pernah takut mencoba ya guys. Kita tidak akan tau seberapa besar kemampuan kita  jika belum dicoba. Bahkan admin yakin bahwa seorang yang pandai berbicara di depan umum, itu dimulai dari dirinya yang gagap di depan umum. Intinya, coba, coba dan coba lagi dan jangan pernah ngerasa cukup dengan yang didapatkan sekarang. Oke?
Salam semangat dari admiin.. Sampai Jumpaaaa…  
HIMABO MATOH !!!
  

Komentar