SEMINAR GOES TO CAMPUS 2018



SEMINAR GOES TO CAMPUS 2018



Baru-baru ini Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (HIMABO UM) berhasil mengadakan sebuah event perdana yang diselenggarakan pada 14 Januari 2018 di Pendopo Malowopati Bojonegoro. Event yang mengusung tema “Reach Your Dream With Your Potential” tersebut merupakan salah satu Program Kerja HIMABO UM dari Divisi Penalaran 2017/2018. Motivasi, hiburan, dan game terangkum dalam acara yang bertajuk SEMINAR GOES TO CAMPUS 2018


(Suasana registrasi peserta seminar)

Awalnya panitia membuka pendaftaran presale dan OTS dengan target sebanyak 300 peserta. Pendaftaran presale dibuka bersamaan dengan dilaksanakannya agenda Briefing Kampus 2018 di berbagai sekolah SMA/SMK/MA di Bojonegoro. Namun tanpa diduga, pada hari keenam briefing, tiket seminar sebanyak 300 kuota sudah terjual habis. Ketua Umum HIMABO UM, Hudan Rahmatullah Ayani menuturkan bahwa tingginya keinginan siswa-siswi di Bojonegoro dalam melanjutkan ke Perguruan Tinggi adalah faktor utamanya. Selain itu juga berkat bantuan dari media partner yang turut serta mempromosikan acara seminar. Diantaranya @siswa_bojonegoro, @siswa_tuban, @hits_bojonegoro, @mahasiswa_bojonegoro, @yoiki_bojonegoro, @dolan_bojonegoro, @explore_bojonegoro, dan radio Malowopati Bojonegoro. Pada akhirnya total pendaftar seminar yang diterima oleh panitia mencapai 500 peserta.

(Pengerjaan Tes MBTI)

Seminar yang diadakan HIMABO UM ini bisa dikatakan cukup menarik dan berbeda dengan seminar-seminar pada umumnya. Keunggulan dari Seminar Goes To Campus 2018 selain menghadirkan pemateri yang profesional di bidangnya, juga mengadakan Tes MBTI (Myers-Birggs Type Indicator) yang baru pertama kali diselenggarakan di Bojonegoro. Tes MBTI ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta, sebab hasil tes tersebut mampu mengarahkan peserta dalam menentukan jurusan dan jenjang karier sesuai tipe kepribadiannya masing-masing. Tes MBTI ini dipandu langsung oleh Yuswanto, S.Pd. M.Psi. yang merupakan tester and interpreter MBTI sekaligus pemateri dalam seminar tersebut.


(MC Seminar Goes To Campus 2018)

Acara seminar dimulai pukul 08.00 WIB dan dipandu oleh pembawa acara yang keren yaitu Reno Yanuari Akbar dan Bilqis Syarifa Chusna. Keduanya memandu acara dengan baik dan mampu mencairkan suasana di Pendopo Malowopati. Setelah acara dibuka oleh pembawa acara, Ketua Pelaksana beserta Ketua Umum HIMABO UM, Moch. Riza Rizkianto dan Hudan Rahmatullah Ayani berkesempatan menyampaikan sambutan di hadapan ratusan peserta seminar. Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana mengharapkan setelah Seminar Goes To Campus ini, siswa memiliki motivasi kuat untuk kuliah dengan dibekali tips dan trik masuk Perguruan Tinggi serta memiliki arahan dalam menentukan jurusan sesuai potensinya. 


(Ketua Pelaksana seminar saat menyampaikan sambutannya)

Acara semakin meriah berkat kehadiran Bupati Bojonegoro, Drs.H. Suyoto, M.Si atau sering disapa Kang Yoto yang tiba-tiba hadir di acara seminar bersama dengan istrinya, Hj. Mahfudhoh Suyoto, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa awalnya tidak bisa hadir dalam acara Seminar Goes To Campus 2018, namun karena mendapat laporan bahwa peserta yang hadir sejumlah 500 siswa beliau menyempatkan diri untuk hadir dan memberikan motivasi kepada peserta seminar.

Selain itu, beliau juga memberikan 3 buah buku berjudul “Belaian Simbok” kepada panitia untuk kemudian dihadiahkan kepada peserta yang beruntung. Kehadiran Bupati Bojonegoro tersebut mampu menyita perhatian seisi Pendopo Malowopati. Hal tersebut terlihat ketika peserta, panitia, maupun tamu undangan yang hadir sangat antusias dalam mendengarkan nasehat-nasehat beliau. 
(Kehadiran Bupati Bojonegoro pada acara Seminar Goes To Campus)


(Sambutan sekaligus motivasi oleh Bupati Bojonegoro)


(Kang Yoto di tengah-tengah peserta seminar)

Pengerjaan tes MBTI mulai dilakukan setelah Bupati Bojonegoro menyampaikan sambutannya. Proses pengerjaan tes relatif singkat karena hanya memakan waktu 30 menit saja, sehingga langsung dilanjutkan dengan seminar dari pemateri pertama, Ninis Aris Wibawati, M.Pd (Guru Berprestasi Bojonegoro) bersama Agung Tri Laksono sebagai moderatornya. Tips dan trik masuk Perguruan Tinggi serta motivasi kuliah yang disampaikan oleh beliau mendapat antusias yang tinggi dari peserta. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta pun sangat beragam dan berkualitas.

(Ibu Ninis Aris Wibawati ketika menyampaikan materi)

Sebelum beralih menuju pemateri kedua, HIMABO UM  mempersembahkan penampilan tari Lengang Nyai yang dibawakan oleh 4 penari cantik. Penampilan tari ini merupakan salah satu Program Kerja dari Divisi Bakat dan Minat yang terangkum bersama acara Seminar Goes To Campus 2018. Selain itu, untuk menambah semangat peserta seminar, panitia juga mengadakan ice breaking yang dipandu oleh Kak Ridfan Eko Siswanto. Peserta yang beruntung dapat bergabung bersama Kak Ridfan untuk memandu ice breaking sekaligus mendapatkan doorprize berupa Gift Card masuk GoFun Bojonegoro.

(Penampilan tari Lenggang Nyai pada acara seminar)


(Ice breaking yang dipandu oleh Kak Ridfan)

Setelah suasana menjadi cair kembali, peserta seminar berkesempatan untuk melihat hasil tes MBTI secara online di blog HIMABO UM. Hasil tes yang keluar menunjukkan tipe kepribadian masing-masing peserta. Tipe kepribadian yang sangat beragam kemudian diuraikan oleh Yuswanto, S.Pd. M.Psi selaku pemateri kedua dalam seminar ini. Dengan diketahuinya tipe kepribadian berdasar hasil tes, diharapkan peserta mengetahui jurusan yang cocok serta jenjang karier yang sesuai dengannya. Antusias peserta juga sangat tinggi ketika bertanya seputar tipe kepribadian yang dimilikinya. 
(Penyerahan vandel kepada Bapak Yuswanto)

Di penghujung acara, HIMABO UM  kembali menampilkan Performing Art “akustik” yang juga merupakan Program Kerja Divisi Bakat dan Minat. Dengan membawakan beberapa buah lagu, sang vokalis berhasil menyita perhatian peserta seminar dengan mengajak Ketua Umum HIMABO untuk ikut bernyanyi. Suasana menjadi kian meriah ketika seisi pendopo ikut beralun menyanyi dan menikmati penampilan dipuncak acara Seminar Goes To Campus 2018
(Penampilan akustik di penghujung acara seminar)

Sebelum acara diakhiri oleh pembawa acara, panitia kembali memberikan kejutan berupa doorprize untuk 3 penanya terbaik dari peserta seminar. Peserta yang beruntung tersebut mendapatkan souvenir dari sponsor Batik Marely.


(Penyerahan doorprize untuk 3 penanya terbaik)

Penyerahan doorprize tersebut sekaligus mengakhiri acara Seminar Goes To Campus 2018. Segenap panitia dari HIMABO UM 2017/2018 mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas partisipasi peserta, segenap sponsorship dan media partner, serta semua pihak yang telibat dalam acara. Semoga ilmu yang diperoleh dari seminar ini menjadi bekal dalam meraih cita-cita di Perguruan Tinggi nanti. Amin.

SAMPAI JUMPA PADA SEMINAR GOES TO CAMPUS 2019 !!!
HIMABO MATOH !!!


Komentar