ARTIKEL HIMABO MENGAJI 2020


    Himabo Mengaji merupakan salah satu program kerja terbaru dari Divisi Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (HIMABO UM). Yang diselenggarakan pada malam Lailatul Qadar yaitu mulai tanggal 15 Mei 2020 (malam ke 21 bulan ramadhan) sampai tanggal 23 Mei 2020.  Himabo Mengaji ini juga merupakan program kerja yang bisa dikatakan sebagai program kerja pengganti dari program kerja Divisi Sosmas yaitu Bagi- Bagi Takjil di bulan ramadhan setiap tahunnya. Karena dalam keadaan pandemi ini, tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan bagi- bagi takjil yang mengharuskan keluar rumah sehingga kegiatan himabo mengaji ini tetap membawa keberkahan dan pahala di bulan yang suci bagi Himabo. Pelaksanaan Himabo mengaji tetap di rumah masing- masing, namun koordinasi  dan pelaksanaannya melalui online, yaitu pembagiannya melalui via group whatsapp dan live instagram. Rangkaian acara himabo mengaji di mulai tanggal 15 mei 2020 , pada saat  Divisi Sosmas memberitahukan untuk setiap divisi HIMABO UM menyelesaikan tiga kali khataman Al-quran dalam masing-masing group. Setiap anggota per divisi akan membaca juz sesuai bagian masing-masing yang telah di tentukan setiap divisi. Dalam tiga hari pada tanggal 15 Mei 2020 (malam 23 ramadhan) setiap divisi sudah melaksanakan satu khatam Al-Quran. Kemudian dilanjut pada tanggal 17 Mei 2020 sampai 20 Mei 2020 setiap divisi melaksanakan satu kali khataman lagi, sehingga dua kali khatam dilaksanakan di grup whatsapp. Lalu pada tanggal 21 Mei 2020, setiap anggota masih memiliki tugas untuk membaca Al-Qur’an hingga malam puncak pada malam 29 ramadhan tanggal 23 mei 2020. Puncak khataman ini terjadi melalui live instagram himabo yang dimulai pada pukul16.00 WIB dengan pembacaan Al-Quran  Juz 30. Pembacaan khatam dibacakan oleh Nanda Nafiatul Khusna dan Moch Choerul Anam, merupakan  anggota Himabo Divisi Sosmas angkatan 2019. 
    Meskipun acara sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan , ternyata ada beberapa kendala seperti tidak bisa bertatap muka secara langsung sehingga respon anggota membutuhkan waktu yang cukup lama, jaringan kurang stabil sehingga banyak peserta yang keluar-masuk menyaksikan siaran instagram. Namun, Hal-hal tersebut bisa ditutupi melalui acara puncak khataman himabo mengaji, suasana pembacaan terasa hikmat serta peserta yang menyaksikan memberikan tanggapan positif melalui komentar saat live Instagram. Kegiatan menjadikan lebih produktif dengan bertambahnya pahala yang dilipat gandakan di bulan suci. 
    Doa dan harapan untuk tahun yang akan datang semoga acara Himabo mengaji dapat diadakan di bulan ramadhan tahun depan secara langsung bertatap muka dengan peserta yang lebih banyak, sehingga dapat memberikan keberkahan yang hakiki, lebih khusyuk serta nikmat untuk terus memupuk kebaikan di bulan ramadhan. Harapan kami dari divisi Sosmas semoga acara Himabo Mengaji ini mendapatkan ridho dari Allah Swt dan semoga dipertemukan di Ramadhan tahun depan dengan keadaan yang lebih baik dari sekarang, agar kita semua kembali beraktivitas dan bisa melaksanakan kegiatan - kegiatan Himabo UM yang seru-seru dan bermanfaat secara langsung. Amin. Stay Healthy Dulur Himabo UM..... HIMABO….. MATOH!!!


Komentar