PELATIHAN DESAIN UM 2020

 

Pelatihan Desain

Diera Digital seperti sekarang ini memiliki skill sebagai seorang Graphic Desain sangat dibutuhkan. Hampir semua teknik dalam beriklan menggunakan bidang keilmuan Desain Grafis. Untuk itu Pelatihan Desain Grafis ini sangat penting untuk menunjang berbagai macam keperluan kita. Untuk menciptakan sebuah hasil karya desain yang bagus bukanlah sebuah hal yang mudah untuk kita lakukan apalagi jika kita tidak memiliki background pendidikan yang sesuai dengan bidang keilmuan ini. Pelatihan desain yang merupakan agenda dari divisi infokom Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (HIMABO UM). Agenda ini dilaksanakan pada bulan kedua semester genap tepatnya pada tanggal 29 Februari 2020 pada malam hari bertempat di selasar samping gedung E7 fakultas sastra UM dengan jumlah partisipan sebanyak 15 orang. Dengan pematerinya dari ketua divisi infokom yakni Muhammad Ivan Firdaus.

Agenda Pelatihan desain ini, bertujuan diharapkan peserta yang merupakan anggota divisi infokom dan divisi lain yang berminat dapat mendapatkan keahlian khusus di bidang desain grafis terutama pengoperasian adobe photoshop. Dari sekian banyak aplikasi untuk melakukan kegiatan desain grafis pihak panitia tetap memilih photoshop dikarenakan Adobe photoshop adalah perangkat lunak buatan adobe system yang dikhususkan dalam pengeditan foto atau gambar beserta pembuatan efek. Sehingga sering digunakan oleh seorang fotografer dan perusahaan iklan. Tetapi tidak menutup kemungkinan aplikasi tersebut tidak mempunyai kekurangan. Adapun kelebihan dan kelemahan dari photoshop yang perlu anda ketahui sebelum belajar mendesain, diantaranya yaitu:

·  Terdapat banyak fitur-fitur yang lengkap dan unggul

·  Dapat membuat efek tulisan atau lainnya sesuai keinginan

·  Mampu mendesain atau editing gambar dengan beragam material

·  Dapat disimpan dengan berbagai format, Psd, jpeg dan sebagainya.

·  Kelemahannya terlalu banyak layer, ukuran terlalu besar dan terkait urusan kertas

   cetak.

·  Terlalu banyak fitur sehingga menyulitkan untuk mengingat cara pengoprasianya.

Di samping itu kelebihan agenda pelatihan desain ini salah satunya besarnya rasa ingin bisa mendesain gambar pada setiap anggota HIMABO sedangkan kekurangan dari agenda ini yakni waktu pertemuannya yang singkat. Dalam pelatihan desain yang diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (HIMABO UM) ini mencakup beberapa materi dalam pengoprasian adobe photoshop,

  1. Mulai dari penginstalan aplikasi adobe Photoshop
  2. Pengenalan tool pada aplikasi photoshop
  3. Cara menggunakan efek,
  4. Membuat dan menambahkan teks
  5. Pengenalan jenis warna photoshop
  6. Memperbaiki foto yang kurang maksimal
  7.  Mendesain brosur atau flayer

Dari pelaksanaan pelatihan desain yang dilaksanakan oleh divisi infokom periode 2019/2020 diharapkan kedepannya anggota divisi infokom dan anggota dari HIMABO diharapkan bisa membuat karya visual yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Komentar