PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL HIMABO UM 2020

 

Pengelolaan Media Sosial Himabo UM 2020

        Media sosial bukan lagi menjadi hal yang tabu bagi kalangan masyarakat, khususnya para anak muda yang cenderung menggaungi budaya ini. Media sosial juga bisa mempercepat akses informasi, sehingga hal ini menjadi sangat penting termasuk dalam pengelolaan organisasi. Pengelolaan media sosial yang merupakan agenda dari divisi infokom Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (HIMABO UM). Agenda ini dilaksanakan pada setiap periode kepengurusan, sehingga dengan pengelolaan media sosial ini, diharapkan semua orang dapat mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh Himabo, khususnya anggota Himabo dan mahasiswa UM. Informasi yang diberikan dalam hal ini melalui berbagai media, yaitu instagram, facebook, youtube, dan blog. Tujuan umum dari agenda pengelolaan media sosial ini yaitu menyebarluaskan informasi dari Himabo dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Himabo khususnya ke semua anggota Himabo. Tujuan khusus dari agenda ini yaitu mendokumentasi seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Himabo. 

        Dalam Instagram, konten yang disajikan biasanya berupa kegiatan yang tengah dilangsungkan secara real time dalam instagram story dan live report kegiatan yang sedang berlangsung, sedangkan untuk feeds sendiri biasanya berupa dokumentasi gambar maupun hari-hari besar. Di samping itu instagram terhubung dengan akun facebook Himabo sehingga ketika instagram membuat story maka di facebook juga langsung terhubung. Pada blog, biasanya berupa rangkuman dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan Himabo. Sedangkan pada youtube biasanya berupa after movie suatu kegiatan di Himabo. Kelebihan dari pengelolaan media sosial ini, tentunya bisa menjangkau banyak orang, sehingga orang lain bisa tahu kegiatan apa saja yang dilaksanakan oleh Himabo. Sedangkan kekurangan dari pengelolaan media sosial ini, kurang adanya penguasaan sistem serta aplikasi pada pengelolaan youtube disebabkan oleh sedikitnya anggota yang mengusai aplikasi editing video.

       Dari pengelolaan media sosial yang dilaksanakan oleh divisi infokom periode 2019/2020 diharapkan kedepannya pengelolaan media sosial semakin baik lagi, dan semakin aktif karena pengelolaan media sosial saat ini merupakan suatu kebutuhan agar tidak ketinggalan informasi. Interaksi dengan audience juga semakin baik sehingga media sosial Himabo semakin terlihat hidup. Konten yang disajikan juga seharusnya semakin up to date, sehingga orang lain juga bisa mendapatkan informasi baru dari akun media sosial Himabo.

 

Komentar