Mewujudkan SDM yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif Melalui PKM Sharing 2023

 Mewujudkan SDM yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif Melalui PKM Sharing 2023


Program Kreatifitas Mahasiswa atau biasa disebut dengan PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui  Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Sedangkan PKM Sharing sendiri merupakan salah satu agenda dari Divisi Penalaran Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang (HIMABO UM) yang ditujukan untuk para anggota HIMABO UM sendiri guna mewujudkan SDM yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta mampu menunjukan eksistensinya dalam berkarya, melakukan penelitian, dan berbagai hal lain. 


PKM Sharing dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 12 Februari 2023 secara online via google meet. Dengan mengangkat tema “Mewujudkan SDM yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif Melalui PKM Sharing”, PKM Sharing dilaksanakan demi menambah wawasan dan meningkatkan daya kreativitas para anggota HIMABO UM terkait PKM dan juga diharapkan dapat memperoleh prestasi di bidang PKM. Pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan kali ini merupakan salah satu dari alumni HIMABO UM yang memiliki prestasi atau penghargaan di bidang kepenulisan ilmiah, yaitu Ainun Na'im. Salah satu prestasi yang berhasil diraih yaitu 3rd Place National Innovation Competition Young Creative Idea Malang State University 2020. 


Kegiatan PKM Sharing dimulai dengan pemaparan materi tentang sejarah, definisi, kelompok PKM, jenis-jenis PKM, hingga mode berpikir. Tidak hanya penyampaian materi saja, tetapi dalam kegiatan kali ini terdapat sesi tanya jawab dimana peserta juga aktif dalam memberikan pertanyaan menarik yang pastinya dapat menambah wawasan. Adanya kegiatan PKM Sharing ini diharapkan kita sebagai mahasiswa dapat melihat segala permasalahan yang ada di sekitar dan menyelesaikannya dalam bentuk ide-ide kreatif mahasiswa. Semoga dengan berakhirnya kegiatan PKM Sharing ini dapat menambah wawasan anggota HIMABO UM terkait PKM, meningkatkan daya kreativitas anggota HIMABO UM, dan mewujudkan SDM yang kreatif, inovatif dan kompetitif pada anggota HIMABO UM.

HIMABO!!! MATOH!!!



Komentar