Bakti Sosial 2023: Menyatukan Diri dan Hati dalam Pengabdian di Desa Mlideg

 Bakti Sosial 2023: Menyatukan Diri dan Hati dalam Pengabdian di Desa Mlideg

Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang yang kerap dikenal sebagai HIMABO UM telah mengadakan proker tahunan yaitu Bakti Sosial (BAKSOS). Pada tahun 2023 ini, kegiatan Bakti Sosial diadakan pada tanggal 14 – 16 Juli 2023 dengan memilih Desa Mlideg, Kecamatan Kedungadem, Kab. Bojonegoro sebagai lokasi diadakannya acara ini. Tema yang diangkat pada Bakti Sosial tahun ini adalah “Nyawiji Raga lan Rasa, Rumaketing Paseduluran” yang diharapkan dapat menyatukan pemikiran serta tenaga dalam melaksanakan Bakti Sosial ini dapat memberikan manfaat bagi desa tempat diadakannya Bakti Sosial, serta guna mempererat tali persaudaraan. Latar belakang terpilihnya Desa Mlideg ini bukan tanpa alasan, dimana anggota HIMABO UM sudah melakukan survei baik secara potensi tempat maupun kemampuan panitia. Rangkaian acara utama Bakti Sosial 2023 ini diantaranya yaitu, sarasehan, HIMABO mengajar, bagi sembako, penyuluhan, lomba mengaji, pentas seni, senam Bersama ibu-ibu PKK, dan lomba anak-anak.

                                                                            

Kegiatan sarasehan merupakan kegiatan pengenalan terhadap warga mengenai HIMABO UM, tujuan diadakannya Bakti Sosial, dan penjabaran serangkaian acara Bakti Sosial. Acara sarasehan juga dinilai sebagai acara pembukaan yang dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa, sesepuh, dan beberapa masyarakat guna melakukan diskusi dan memberikan masukan terkait pelaksanaan acara Bakti Sosial. Pada acara sarasehan panitia juga memohon izin terhadap masyarakat Desa Mlideg untuk melakukan beberapa kegiatan sosial selama tiga hari pada tanggal yang telah ditentukan. Pada acara sarasehan ini masyarakat dan panitia turut antusias melakukan diskusi terkait rangkaian acara Bakti Sosial yang akan dilaksanakan. Acara sarasehan berlangsung dengan sangat hangat dimana panitia dan masyarakat Desa Mlideg berbaur antara satu sama lain guna menyampaikan pendapatnya. Kedatangan panitia juga diterima dengan baik oleh segenap perangkat desa dan warga desa Mlideg.

                                                           

Kegiatan Bakti Sosial dilanjutkan pada hari kedua dengan agenda HIMABO Mengajar dan pembagian sembako. Pada kegiatan HIMABO Mengajar panitia melakukan kegiatan pembelajaran dalam bentuk games dengan tujuan sebagai sarana hiburan bagi anak-anak Desa Mlideg yang sudah melakukan kegiatan belajar akademik pada kegiatan sehari-hari di sekolah. Pada kegiatan HIMABO Mengajar ini pun bukan sekedar game saja, akan tetapi juga mengandung manfaat bagi anak-anak Desa Mlideg, seperti halnya meningkatkan kreatifitas, meningkatkan kepercayaan diri, mengenal bentuk dan warna. Di sisi lain pembagian sembako dilaksanakan pantia dengan cara mengantarkan sembako langsung ke rumah warga, hal ini dilakukan dengan maksud untuk lebih dekat dengan warga. Pada kegiatan bagi sembako ini panitia didampingi oleh perangkat desa dalam menuju rumah warga. 


Serangkaian acara Bakti Sosial dilanjutkan dengan mengadakan penyuluhan yang mengangkat tema mengenai kecantikan yakni “Tampil Awet Muda dan Bersinar melalaui Pemilihan Skincare yang Bijak dan Tepat”. Acara penyuluhan ini mengundang dr. Trikarahmawati, Dipl CIBTAC dari Dinas Kesehatan Bojonegoro sebagai pemateri. Penyuluhan berjalan dengan lancer yang didukung oleh antusiasme masyarakat yang mengikuti penyuluhan dalam berdiskusi mengenai permasalahan skincare. Panitia berharap dengan adanya penyuluhan ini dapat membantu masyarakat setempat dalam memilih skincare yang sudah BPOM dan tidak mengandung bahan berbahaya. 

    

Pada agenda selanjutnya panitia juga memberikan wadah bagi anak-anak Desa Mlideg untuk mengasah bakatnya melalui lomba keagamaan, pentas seni serta lomba ketangkasan. Pada lomba keagamaan panitia mengadakan beberapa lomba seperti halnya lomba mengaji, sambung ayat, dan hafalan doa sehari-hari. Melihat antusias anak-anak Desa Mlideg panitia berharap dengan adanya lomba mengaji ini dapat meningkatkan semangat kompetisi adik-adik, menumbuhkan semangat untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuannya. Beralih pada kegiatan pentas seni yang diadakan pada malam harinya. Pentas seni yang digelar di Balai Desa Mlideg di meriahkan oleh beberapa tampilan baik dari HIMABO UM maupun dari warga Desa Mlideg, baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Semua bersuka cita dalam menyaksikan dan memeriahkan pentas seni ini.


Pada hari terakhir panitia mengadakan senam dengan ibu-ibu PKK, senam dimulai pukul 7 pagi kemudian panitia berfoto bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba ketangkasan dengan peserta adik-adik tingkat SD/MI, lomba yang diadakan antara lain adalah memasukkan paku ke dalam botol, estafet air, dan estafet karet. Perlombaan dilakukan sangat meriah dan diakhiri dengan penyerahan hadiah pada pemenang setiap lomba. Pada pukul 12.00 panitia melakukan penutupan, dalam acara tersebut panitia memberikan vendel kepada pihak desa dan piagam penghargaan kepada ibu PKK Desa Mlideg sebagai bentuk terimakasih atas kerja sama dalam menyukseskan acara Bakti Sosial. Panitia berharap setelah adanya Bakti Sosial dapat memberikan manfaat terhadap Desa Mlideg baik dari kalangan anak-anak, pemuda, hingga orang tua, serta dapat menyambung tali silaturahmi antara HIMABO UM dengan Desa Mlideg. Adanya Bakti Sosial 2023 diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan jiwa sosial panitia terhadap masyarakat agar kedepannya dapat melaksanakan kegiatan sosial-sosial lainnya sebagai bentuk pengabdian selayaknya pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salam hangat dan sampai jumpa di kegiatan Bakti Sosial 2024.


Komentar