Melatih Motorik Halus dan Meningkatkan Kreativitas pada Anak dalam Kegiatan HIMABO Mengajar 2023

 Melatih Motorik Halus dan Meningkatkan Kreativitas pada Anak dalam Kegiatan HIMABO Mengajar 2023

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia untuk mencetak generasi muda yang lebih peka terhadap kemajuan zaman. Di era digital saat ini memiliki dampak yang kuat terhadap kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan selalu mengalami perubahan dan perbaikan secara terus-menerus mengikuti perkembangan zaman. Di Indonesia, pelayanan pendidikan masih belum merata dan optimal. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah infrastruktur pendidikan di Indonesia yang masih belum merata, kualitas guru, biaya pendidikan dan lain sebagainya.

Pendidikan erat kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar. Belajar dan mengajar merupakan dua kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi terpadu dalam pendidikan. Belajar mengarah kepada apa yang dilakukan oleh siswa, sedangkan mengajar lebih mengarah kepada apa yang dilakukan oleh guru. Kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan di sekolah saja, tetapi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Untuk itu, sebagai upaya memberikan kontribusi pendidikan dan pengajaran di daerah Bojonegoro serta meningkatkan daya kreativitas dan kolaborasi siswa, Divisi Penalaran Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negei Malang (HIMABO UM) menyelenggarakan kegiatan HIMABO Mengajar 2023.

 HIMABO Mengajar kali ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2023 mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB. Bertempat di Masjid Jami' H. Ismail, Desa Mlideg, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, kegiatan ini diikuti oleh 50 anak mulai dari PAUD, TK, dan SD/MI/Sederajat dari seluruh TPA/TPQ yang ada di Desa Mlideg. Kegiatan HIMABO Mengajar diawali dengan perkenalan sekaligus pembukaan oleh panitia. Dilanjutkan dengan menebali huruf hijaiyah yang diambil dari lafadz asmaul husna sekaligus mengenal maknanya secara sederhana dan singkat. 

Kegiatan selanjutnya yaitu kolase kaligrafi, dimana peserta HIMABO Mengajar diberikan kertas bertuliskan lafadz ‘Muhammad’ yang akan ditempeli potongan kertas lipat berwarna-warni. Kegiatan kolase ini memiliki banyak manfaat diantaranya untuk melatih motorik halus, meningkatkan kreativitas, dan melatih konsentrasi pada anak. Tiga peserta dari tingkat SD/MI/Sederajat dan dua peserta dari tingkat PAUD dan TK dengan karya kolase kaligrafi terbaik mendapatkan doorprize yang menarik. 

Kegiatan dilanjutkan dengan quiz seputar pengetahuan agama islam yang diberikan oleh panitia. Antusias dari peserta sangat tinggi dalam menjawab pertanyaan dimana semuanya berlomba-lomba untuk mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan dengan penuh rasa semangat. Peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan doorprize yang menarik dan selanjutnya kegiatan HIMABO Mengajar ditutup oleh panitia. Kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya. HIMABO!!! MATOH!!!


Komentar