SAMBUT MAHASISWA BARU (SAMBA) 2023

 SAMBUT MAHASISWA BARU (SAMBA) 2023

The First Step: Never Hesitate to Make a New Journey

SAMBUT MAHASISWA BARU atau yang lebih akrab disebut SAMBA adalah salah satu program kerja yang diadakan secara rutin oleh Divisi Kesejahteraan HIMABO UM (Himpunan Mahasiswa Bojonegoro Universitas Negeri Malang) setiap tahun. Program kerja ini telah menjadi tradisi dalam menyambut mahasiswa baru yang berasal dari Bojonegoro atau yang memiliki jejak pendidikan di Bojonegoro dan berhasil diterima kuliah di Universitas Negeri Malang. Yang menarik, setiap tahun SAMBA mengusung konsep acara yang berbeda, menciptakan variasi dan keunikan dalam setiap penyelenggaraannya.

Tema yang diangkat pada SAMBA 2023 adalah "The First Step: Never Hesitate to Make a New Journey" dengan jargon yang memikat, "SAMBA 2023: Find Your Way, Find Your Treasure." Tema ini memiliki makna yaitu untuk menyambut sebuah fase (kehidupan) mereka yang baru, langkah pertama yang harus diambil adalah tidak ragu untuk membuat perjalanan hidup yang baru. Dalam kehidupan perkuliahan ini, mereka dapat memulai sesuatu yang baru, seperti belajar banyak hal baru, berorganisasi, mengasah skils, dsb.

Acara SAMBA 2023 berlangsung di Aula SMK Negeri 2 Bojonegoro dan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023, dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB. Acara dibuka dengan penuh semangat oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana, Achmad Teguh Dwi Santoso, serta sambutan dari Dita Arina Manasikana, selaku ketua umum HIMABO UM periode 2022 – 2023. Rangkaian acara selanjutnya dipenuhi dengan sesi talkshow yang menghadirkan Saudari Braine Syafa Aziza Maghfira, mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang, sebagai narasumber utama. Ahsin Ulaya, anggota Divisi Bakmin yang menjadi moderator, memandu pembicaraan seputar persiapan dalam menjalani dunia perkuliahan, pengalaman kak Braine sebagai mahasiswa senior di UM, serta strategi mengatur waktu dalam kehidupan perkuliahan.

Dalam sharing session, mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk bertanya seputar berbagai hal yang masih membingungkan, yang kemudian dijelaskan secara mendalam oleh narasumber yang telah dihadirkan. Selain sharing session, ada juga perfoming art dari anggota HIMABO, pengenalan divisi yang ada di HIMABO, dan permainan yang menarik untuk mempererat ikatan antara mahasiswa baru, mendorong mereka saling mengenal lebih baik.

Sesi pengenalan divisi-divisi HIMABO menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam acara ini. Dimulai dari Divisi Penalaran, Bakmin, Sosial Masyarakat, Kesejahteraan, hingga Divisi Informasi dan Komunikasi. Selain pengenalan divisi ada juga pengenalan Pengurus Harian (PH), pengenalan HIMABO UM secara umum, dan pengenalan Dewan Pertimbangan Organisasi HIMABO UM.

Dengan adanya SAMBA 2023 diharapkan dapat mempererat hubungan dan silaturahmi antara mahasiswa baru dan mahasiswa yang sudah lebih senior, mengingat latar belakang yang sama yaitu berasal atau pernah bersekolah di Bojonegoro dan kini menjadi bagian dari Universitas Negeri Malang. Semoga acara ini memperoleh ridho dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Ke depannya, diharapkan SAMBA dapat terus berinovasi dalam konsep acara, sambil tetap menjunjung tinggi tujuan utama dari kegiatan ini.


Komentar